Tuesday, June 5, 2018

Melahirkan Generasi Cerdas dan Berkualitas melalui Pendidikan Agama Islam

SHARE
GENERASI CERDAS DAN BERKUALITAS


Bangsa yang besar adalah bangsa yang peduli dan memperhatikan pendidikan. Pendidikan merupakan salah satu pilar penting bagi kebangkitan suatu bangsa. Hanya saja, sungguh sangat disayangkan pendidikan di negeri kita ini masihlah jauh dari kata berkualitas. Tengok saja generasi muda kita (yang nota bene output dari pendidikan) yang menjadi sosok yang cerdas namun minim moralitas. Budaya kekerasan dan perpeloncoan turut mewarnai kondisi pendidikan negeri ini.

Berbagai solusi yang ditawarkan nampaknya masih belum mampu memperbaiki kondisi ini. Di tengah kondisi generasi yang semakin hari semakin memburuk, sebuah gagasan pendidikan Islam mulai bergema dan menjadi harapan satu-satunya bagi perbaikan generasi untuk masa depan yang cemerlang.

Gambaran Umum Pendidikan Islam

Sistem Pendidikan Islam telah meletakkan aqidah Islam sebagai satu-satunya landasannya. Sistem ini disusun dari sekumpulan hukum syara’ dan berbagai peraturan administrasi yang berkaitan dengan pendidikan formal. Pendidikan Islam bertujuan untuk membangun kepribadian islamiyah yakni dengan menanamkan tsaqafah islam dan perilaku islam ke dalam akal dan jiwa peserta didik. Walhasil, Pendidikan Islam dapat membentuk generasi muslim yang tak hanya mumpuni secara intelektual namun memiliki kepribadian yang luar biasa, yang akan mendorong peserta didik untuk menyesuaikan tingkah laku dan pikirannya dengan Islam dan syariatnya.

Tengoklah Imam Syafi’i dan ibnu Rusyd. Mereka adalah potret generasi cemerlang yang dihasilkan oleh sistem pendidikan islam. Berbagai penemuan dan jasa dalam bidang keilmuan telah banyak disumbangkan oleh ilmuan-ilmuan muslim demi kebangkitan ummat.

Tentu saja, semua keilmuan tersebut itu didukung dan difasilitasi oleh negara Khilafah, bahkan Khilafah akan memberikan penghargaan yang luar biasa bagi mereka yang menguasai ilmu pengetahuan. Negara Khilafah pun akan mengusahakan suatu pendidikan yang gratis bagi warganya, karena Islam memandang pendidikan merupakan salah satu kebutuhan pokok yang waijb dipenuhi oleh negara.

Untuk mewujudkan pendidikan Islam tersebut, tak dapat dengan cara lain selain dengan mendirikan terlebih dahulu Negara Khilafah. Hal ini dikarenakan Pendidikan merupakan subsistem dari sistem politik dan ekonomi suatu negara, yang akan sangat mempengaruhi arah dan tujuan pendidikan itu sendiri.

Dan Khilafah adalah satu-satunya sistem yang dapat menerapkan Islam secara sempurna (termasuk dalam pendidikan), yang membawa kedamaian, kesejahteraan, dan keberkahan bagi ummat muslim dan dunia. Dengan penerapan Islam secara sempurna, akan terciptalah lingkungan yang kondusif (bukan hanya pendidikan, namun seluruh aspek kehidupan) bagi terbentuknya generasi cemerlang. Wallahu’alam

(cp)
SHARE

Author: verified_user

0 comments:

assalamualaikum. tetap jaga adab dan ukhuwah guys :)