Tuesday, June 5, 2018

Betapa Pentingnya Pendidikan Karakter Untuk Kids Zaman Now

SHARE

Pentingnya Pendidikan Karakter Islami Untuk Kids Zaman Now


Generasi muda saat ini sering menyebut diri mereka dengan kids zaman now. Terlihat, masih kurang memegang penuh nilai-nilai yang ada dalam pendidikan karakter yang diajarkan.

Padahal kemajuan suatu bangsa sangat bergantung pada seberapa kuat karakter positif yang dimiliki bangsanya. Ujar Agus Sartono selaku Deputi bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama.

Jika kita selidiki masih banyak terlihat anak zaman sekarang yang tidak tahu posisi dan peranannya bagi masyarakat. Banyak diantara mereka yang masih kurang dalam mengaplikasikan karakter yang tepat saat bersosialisasi dengan masyarakat.

Bukan berarti mereka tidak tahu, hanya saja titik permasalahan itu terletak pada niat awal saat menerima pelajaran dari Madrasah pertama yaitu Orang Tua. Ada beberapa diantara anak yang menerima pendidikan karakter dengan pendekatan teladan, tapi tidak kalah banyak diantara mereka yang melalui Madrasah pertama lewat pendekatan doktrinal.

Coba kita flashback kebelakang, di zaman dahulu berdua-duaan antara laki- laki dan perempuan merupakan suatu hal yang tabu bagi masyarakat. Tapi sekarang fenomena yang ada, bahkan anak SD sudah berani pamerkan foto Pre wedding berdua dengan kekasihnya kedunia maya.

Miris memang, tapi ini baru segelintir dari sekian banyak penyimpangan penyimpangan karakter yang terjadi saat ini. Dr. Ibnu Budrah, MA dalam bukunya yang berjudul pendidikan karakter islami mengatakan menuruti hawa nafsu adalah tanda-tanda kegagalan, sedang melawannya adalah benih-benih kejayaan, kerena mematuhi hawa nafsu dapat merusak akal pikiran dan hawa nafsu itu terbiasa dengan hal-hal yang kalian membiasakan dengannya.

Kutipan dari buku Dr. Ibnu Burdah, MA, mendorong kita untuk segera beranjak dari hal-hal yang mengundang maksiat seperti dengan tidak bergabung dalam perkumpulan yang condong mendekatkan pada maksiat.

Masih segar diingatan kita, cerita orang tua kita zaman dahulu tentang permainan-permainan tradisional yang sering dimainkan mereka. Miris rasanya jika kita melihat fenomena saat ini .

Generasi sekarang sangat lengket dengan gadget nya. Hingga tidak lagi mengenal waktu siang dan malam demi memainkan gadget miliknya. Hal ini mengakibatkan banyak diantara generasi muda saat ini lalai dengan tugasnya sebagai seorang pelajar.

Harapan kita semua agar pendidikan karakter islami mampu membentuk kualitas pribadi warga negara yang cerdas dan berkarakter islami, yang dapat diwujudkan melalui peran seorang guru dalam pengajaran di sekolah dan orang tua dirumah. Karna hadirnya guru akan memberikan andil besar dalam membentuk karakter islami bangsa yang telah ditanamkan sejak usia dini, karna itu seorang guru harus terus menjadi sosok teladan bagi muridnya di sekolah, begitu juga dengan orang tua yang menjadi guru ditengah – tengah keluarga.

Tidak hanya itu, tantangan paling menohok dalam dunia pendidikan karakter saat ini yang muncul di berbagai sektor. Oleh karena itu, pelaksanaan pendidikan karakter islami harus digencarkan. Karena terjadinya pergeseran moral dan karakter islami itu sendiri oleh semua pihak baik itu dari pemerintahan, sektor swasta, lembaga sekolah, masyarakat dan terkhususnya lingkungan keluarga.

Jika kita ambil sebuah kutipan hikmah yang mengatakan Kemarin, kalian belum ada. Hari ini kalian sudah saling bersaing. Esok, kalian tidak akan pernah dilahirkan kembali. Kalian adalah anak zaman, maka gunakanlah waktu untuk taat. Kelak pasti kalian akan mendapat untung yang paling besar. Karna hidup amat singkat, maka jangan mempersingkatnya lagi dengan bersedih dan berbuat maksiat.

Perbaiki akhlak untuk memperindah pribadi dengan karakter islami yang berkualitas
Maka dari itu sebagai generasi muda, sepatutnya bagi kita menjadikan diri sebagai sosok muda yang berdaya guna untuk tanah air bangsa dan negara serta megefisienkan segala waktu yang ada dengan sebaik- baik nya.Dengan tidak terlepas dari peran keluarga untuk terus menanamkan pendidikan karakter islami.Sebagai benteng pertahanan buah hati dalam menghadapi zaman yang penuh retorika kedepannya.

ARTIKEL: Lativa Martatilova (Mahasiswi UIN IB Padang, Jurusan Pendidikan Agama Islam)
(cp : http://www.dekadepos.com/pentingnya-pendidikan-karakter-islami-untuk-kids-zaman-now/)
SHARE

Author: verified_user

1 comment:

assalamualaikum. tetap jaga adab dan ukhuwah guys :)